October 26

Flyer atau Brosur – Mana Yang Lebih Baik

Flyer atau Brosur – Mana Yang Lebih Baik

Barang cetak yg biasa dipakai buat promosi ialah brosur serta flyer. Walau demikian tidaklah semua orang mengerti bedanya, mereka menganggap itu sama persis. Betul kok memang keduanya ialah sarana promosi, tetapi sesungguhnya banyak sekali aspek-aspek yg mendasar yang tidak sama dari mereka. Kamu pingin tau perbedaan brosur serta flyer ? Inilah perbedaannya

Bagaimana tentang Flyer?

cetak flyer murah
cetak flyer murah

Flyer adalah lembaran yang diprint tunggal, tidak dilipat dan dimaksudkan supaya menarik perhatian publik terhadap sebuah layanan, acara. Flyer, yg akrab disebut selebaran, karena mengedepankan efektifitas yg mana tujuannya untuk dapat dibaca mudah, itulah alasannya seringkali diprint sekedar satu sisi aja.

Selembaran tadi seringkali diberikan oleh orang-orang di jalan-jalan, maupun di acara-acara khusus misalnya pameran. Orang yang mendapat selembaran ini umumnya cuma cenderung melihat isinya sepintas lalu aja. Setelah selesai beroleh berita yg dicari umumnya cenderung lekas dibuang di dalam tempat sampah. Sangat langka orang yang berniat menyimpan selembaran ini. Gara-gara biasanya dibagikan tapi cepat-cepat dibuang, maka dari itulah dinamai fly-er yg bahasa indonesianya artinya beterbangan.

Seringkali selebaran ini tercetak diatas kertas A4 ataupun uk. kertas lainnya yang cukup kecil, semisal A6 / A5. Kertas yg tipis enteng umumnya digunakan untuk cetak flyer, mengingat seringkali cepat dibuang. Mungkin juga pembuat selembaran mau membuatnya di kertas tebal, karena isinya penting dibaca berulang kali, misalnya manual.

Gimana dengan Brosur?

Brosur pasti memiliki karakter yang hampir seperti flyer, tetapi sebagian besar brosur dicetak pada di dua sisi kertas. Brosur pun standarnya ditekuk, yg mana setiap panel berisi info tertentu tentang sebuah barang maupun perusahaan. Selain selembaran, brosur juga menjadi media yang umum dimanfaatkan oleh pebisnis untuk menawarkan jasanya. Alat promosi cetak satu ini ialah media yg efektif guna mempengaruhi pembeli waktu akan memilih barang.

Jika standarnya selembaran tersebut diprint pada kertas berukuran kecil, brosur malah disediakan dalam berbagai macam ukuran. Brosur didesain untuk disimpan, maka biasanya kertas cetaknya lebih tebal. Cuma calon konsumen prospek ajalah yg dibagikan brosur sama salesman maupun marketing perusahaan.

Bedanya ciri-ciri flyer dan brosur tadi sudah dijabarkan, tapi dua-duanya sama-sama merupakan ke dalam alat promosi yang penting dalam perusahaan maupun organisasi lainnya. Jika dikembalikan pada pertanyaan semula seperti pada judulnya, “mana yang lebih baik cetak brosur atau cetak flyer ? “, saya rasa tidak ada yang lebih baik.

Perhatikan penjelasan saya sebelumnya, semuanya tergantung pada fungsinya. Contohnya jika anda perlu promosi sekilas, saya rasa mencetaknya bolak-balik di kedua sisi pada kertas yang tebal akan termasuk pemborosan. Karena toh akhirnya akan dibuang. Tapi jika anda berusaha menciptakan brand di hati masyarakat, saya rasa mencetak brosur akan lebih efektif. Anda punya kesempatan untuk menjelaskan lebih detil tentang produk, layanan ataupun perusahaan anda, sekaligus memberikan kesan bahwa perusahaan anda adalah perusahaan yang bonafit.

Nah buat anda yang tinggal di surabaya, saya punya rekomendasi tempat cetak brosur yang murah tapi berkualitas. Buat yang tinggal di daerah Surabaya selatan dan sekitarnya, anda bisa coba kunjungi percetakan harvest surabaya, di daerah kendangsari & tenggilis. Tapi buat anda yang tinggal di daerah surabaya timur, famous printing & advertising di Wisma Mukti, bisa jadi pilihan anda. Oiya keduanya kenalan saya kok, dan sama-sama melayani pemesanan secara online. Jadi anda tidak perlu ribet mengantri lagi, cukup hubungi saja dan sampaikan kebutuhan anda. Nanti hasil cetak brosur / flyer akan dikirimkan ke tempat anda.


Tags: , ,
Copyright 2018. All rights reserved.

Posted October 26, 2018 by gitamaris in category "Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *